Menu Close

Workshop Penulisan Buku “Membuat Potensi Kreatif dengan AI”

Pada hari Kamis, 16 Mei 2024, Universitas Buddhi Dharma menggelar sebuah Workshop Penulisan Buku yang dipenuhi dengan antusiasme luar biasa dari para dosen. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Wakil Rektor 1, Ibu Dr. Jeni Harianto, S.Pd., M.Pd. dan didukung penuh oleh unit LP3kM. Acara dimulai dengan doa bersama menurut kepercayaan masing-masing. Selanjutnya, Ibu Lianah The, S.E., M.Com., Ph.D., mengambil alih sebagai moderator, memandu jalannya workshop dengan profesionalisme dan kehangatan yang membuat para peserta merasa nyaman dan bersemangat. Dengan penuh semangat, Bapak Sabam Simbolon, S.E., M.M., berdiri di hadapan para dosen dengan senyum hangat di wajahnya. Dalam kata sambutannya yang penuh inspirasi, beliau menyatakan rasa bangganya karena Universitas Buddhi Dharma mampu menerbitkan sebuah buku ajar yang bermanfaat. Kata-kata tersebut membuat suasana di ruangan menjadi hangat dan penuh semangat. Para dosen merasa diapresiasi atas usaha keras yang telah mereka lakukan dalam menciptakan karya yang bermanfaat bagi mahasiswa. Dengan semangat yang baru, mereka siap untuk mengikuti seluruh materi yang akan disampaikan dalam workshop ini dengan harapan dapat terus memberikan yang terbaik bagi perkembangan pendidikan di Universitas Buddhi Dharma.

Workshop ini menghadirkan dua pemateri yaitu Bapak Riki, M.Kom., memulai sesi dengan tema menarik “Membuat Potensi Kreatif dengan AI”. Beliau membahas bagaimana kecerdasan buatan dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas dalam penulisan buku ajar, memberikan wawasan baru yang sangat relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Kemudian, Bapak Yusuf Kurnia, M.Kom., melanjutkan dengan panduan praktis dalam menulis buku ajar, memberikan tips dan trik yang berguna bagi para dosen yang ingin memulai atau meningkatkan kualitas penulisan mereka.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat dosen dalam menulis buku ajar, sebuah langkah strategis yang diharapkan dapat memperkaya materi pengajaran dan memperkuat posisi Universitas Buddhi Dharma dalam dunia pendidikan. Antusiasme yang tinggi dari para dosen terlihat jelas sepanjang acara, dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi yang terjadi, menunjukkan betapa pentingnya topik ini bagi mereka.

Selain itu, workshop ini juga menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan inspirasi di antara para dosen, menciptakan suasana kolaboratif yang sangat positif. Dengan adanya workshop ini, besar harapan bahwa para dosen di Universitas Buddhi Dharma akan semakin termotivasi untuk menerbitkan buku ajar yang berkualitas. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kompetensi mereka sebagai pengajar tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kualitas pendidikan di universitas ini. Kesuksesan acara ini menjadi bukti nyata bahwa dengan dukungan yang tepat dan kesempatan untuk belajar, para dosen mampu menciptakan karya yang bermanfaat dan inovatif.